Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali –┬áBerbicara tentang Bali, yang pasti teringat lebih dulu pasti wisatanya. Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia. Keindahan Bali bahkan sudah tersohor hingga mancanegara. Bali juga yang banyak dijadikan tujuan wisata turis mancanegara hingga seluruh negara Indonesia turut dikenal. Tidak hanya fokus di satu wilayah, keseluruhan Bali menjadi tempat indah untuk dinikmati.

Makanan Tradisional Khas Bali

Pergi ke Bali tidak harus untuk tujuan berwisata dan menikmati keindahan alamnya saja. Untuk melengkapi perjalanan agar semakin berkesan, jangan terlewat mencoba berbagai kuliner khas Bali. Makanan khas dari Bali pun tidak kalah populer dari tempat-tempat wisatanya. Bahkan kuliner khas Bali juga banyak dihadirkan sebagai menu restoran mewah di kota-kota lain. Inilah kuliner populer dari Bali.

1. Ayam Betutu

Topik pembicaraan tentang Bali tidak pernah lepas dari Ayam Betutu. Makanan khas Bali itu konon dulunya merupakan sajian favorit para raja Bali. Ayam Betutu dimasak dengan memasukkan bumbu dan rempah penuh cita rasa ke dalam seekor ayam. Kemudian ayam dibungkus daun dan dibakar menggunakan bara api sekam selama sehari semalam. Cara memasak yang begitu unik itu sebanding dengan rasa Ayam Betutu yang sangat nikmat.

2. Sate Lilit

Sate merupakan kuliner khas yang bisa ditemukan di banyak wilayah di seluruh Indonesia. Setiap daerah tentu memiliki sate unik, begitu juga dengan Bali. Bukan dengan menancapkan daging pada tusuk, sate khas dari Bali dibuat dengan melilitkan daging pada batang serai atau tangkai bambu. Itulah mengapa kuliner yang satu ini disebut sate lilit. Pilihan dagingnya pun tidak hanya ayam, tapi bisa sapi atau ikan.

3. Nasi Jinggo

Jangan dulu beranggapan bahwa makanan khas Bali selalu tersedia di restoran mewah dengan harga yang mahal. Ada satu rekomendasi kuliner Bali yang murah meriah yaitu nasi Jinggo. Soal rasa tidak perlu diragukan karena meskipun harganya sangat terjangkau, nasi Jinggo sangat nikmat jadi santapan saat berwisata. Nasi Jinggo sering disamakan dengan nasi kucing dari Solo sebab sama-sama dibungkus dengan daun pisang dan berisi banyak lauk serta sambal.

Baca juga: Makanan khas Banyuwangi

4. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng dari Bali dibuat dengan cara memasak yang lebih lama sehingga tekstur nasinya lebih lembek. Kuliner ini sering disamakan dengan nasi pecel dari pulau Jawa karena dilengkapi dengan sayuran pada penyajiannya. Selain sayur, Nasai Tepeng khas Bali juga diisi ayam, nangka muda, kacang merah dan telur. Nasi Tepeng menjadi menu sarapan favorit masyarakat Bali dengan ciri khasnya yang dikemas dengan alas daun pisang.

5. Lawar

Kuliner Lawar ini sebenarnya juga bisa ditemukan di daerah lain tetapi dengan sebutan yang berbeda. Lawar dari Bali dibuat dengan sayuran yang dicampur dengan parutan kelapa dengan bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Rasa gurih Lawar dari Bali semakin unik karena ada campuran daging cincangnya.

6. Sate Plecing

Sate lilit bukan satu-satunya sate khas Bali yang terkenal. Sate Plecing juga tak kalah populer sebab rasanya yang sayang untuk dilewatkan. Sate ini bisa dibuat dari daging ayam atau daging babi. Bumbu Sate Plecing yang terkenal kelezatannya terbuat dari, garam, cabai, tomat, terasi dan jeruk limau. Makanan ini termasuk kuliner mudah yang banyak ditemukan di Bali.

Makanan khas Bali bisa menjadi pelengkap perjalanan wisata ke Pulau Dewata tersebut. Jadi Anda tidak hanya akan mendapatkan kesan dari alamnya yang begitu memesona. Anda juga akan dibuat terkenang dengan Bali karena kelezatan kulinernya.