Makanan khas Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi

Makanan khas Banyuwangi – Kota yang berjuluk Sunrise of Java ini bukan hanya menghadirkan berbagai pemandangan alam ciptaan Tuhan yang sangat indah. Namun banyak juga makanan khas Banyuwangi yang bisa menjadi temanmu ketika menghabiskan waktu di tempat ini.

Selain menikmati indahnya pantai, air terjun, danau, serta indahnya pegunungan, penting juga Kamu untuk tak melewatkan membeli makanan asli Banyuwangi yang menggugah selera.

Makanan Tradisional Khas Banyuwangi

Dari sekian banyak makanan yang ada, Kami coba membantu merekomendasikan beberapa daftar makanan khas Banyuwangi. Berikut daftarnya:

1. Rujak Soto

Secara kelaziman, mungkin Kamu lebih akrab dengan kedua nama makanan di atas ada pada makanan yang terpisah. Namun di Banyuwangi tidak demikian. Kamu bisa menikmati keduanya dalam satu olahan.

Penyajiannya seperti soto pada umumnya. Disajikan dengan kuah soto yang maknyus namun dicampur dengan rujak yang kering. Citarasanya yang gurih dan segar bisa membuatmu ketagihan.

2. Dodol Salak

Panganan dodol ini mungkin lebih identik dengan daerah Garut, Jawa Barat. Meski demikian, nyatanya Kamu bisa menemukan dodol disini sebagai camilan khas Banyuwangi. Tentu saja dengan citarasa yang berbeda.

Sesuai namanya, dodol salak merupakan olahan tepung ketan yang dipadukan dengan rasa buah salak.

3. Botok Tawon

Kamu mungkin sudah biasa mengonsumsi madu sebagai minuman yang dihasilkan tawon. Namun, pernahkah Kamu mengonsumsi olahan dari sarangnya?

Jika Kamu penasaran, bisa coba beli botok tawon. Ini merupakan olah dari sarang tawon atau lebah yang diolah dengan teknik tertentu. Rasanya sebetulnya enak meskipun mungkin makanan ini terkategori ekstrim. Kamu bisa datang langsung ke daerah Lemahabang Kulon untuk icip-icip.

4. Ladrang Sabrang

Apabila Kamu mencari cemilan, salah satu opsinya bisa beli ladrang sabrang, Ini semacam keripik yang gurih dan terbuat dari ubi ungu.

Menariknya, ini bukan sekedar camilan gurih untuk menemani santaimu. Akan tetapi, ladrang sabrang memiliki khasiat yang juga baik untuk kesehatan. Dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, cemilan ini bisa mengurangi berbagai resiko penyakit berat seperti kanker.

5. Pindang Konyong

Sebagai daerah yang banyak area airnya, Banyuwangi juga punya makanan olahan ikan yang enak. Namanya adalah pindang konyong.

Sesuai namanya, ini adalah olahan ikan pindang yang diberi anak bumbu seperti kunyit, jahe, cabe rawit, hingga merica. Paduan komposisinya jelas saja menghasilkan rasa pedas dan bikin seger. Pastinya bisa menjadi moodbooster bagi Kamu yang males makan.

6. Pecel Pitik

Jangan kira ketika Kamu membeli pecel pitik akan mendapatkan hidangan yang ada sambal bumbu kancangnya. Kamu salah besar. Makanan ini beda dengan pecel-pecel yang mungkin pernah Kamu makan.

Pecel yang dimaksud dalam pecel pitik justru adalah suwiran ayam kampung yang dalam proses pembuatannya dicampur dengan parutan kelapa. Hanya, untuk menikmatinya Kamu harus datang ke Desa Kemiren yang ada di Banyuwangi.

7. Sego Cawuk

Kalau Kamu lapar namun ingin hemat-hemat budget selama di Banyuwangi, Kamu bisa beli sego cawuk untuk hidangan makanan berat.

Sajian nasi yang dicampur dengan kuah dan kelapa parut ini bisa Kamu dapat mulai dari harga 6 ribuan saja. Kamu juga bisa menambahkan lauk-lauk lain yang biasanya tersaji juga di lapak sego cawuk ini. Diantara lauk favoritnya adalah dendeng serta pepes ikan.

Oke, itulah setidaknya 7 makanan khas Banyuwangi yang bisa jadi teman makanmu selama melancong ke Banyuwangi. Rasakan keindahan alam sekaligus kenikmatan setiap masakannya.